Top 5 Situs Penyedia CDN Gratis

Top 5 website penyedia layanan CDN gratis
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
thumbnail

Sebagai Blogger kita mungkin pernah berfikir bagaimana agar konten dalam website kita menjadi cepat,di saat yang bersamaan dalam sebuah website terutama pada platform blogger terkadang kita sering menyisipkan beberapa javascript kode atau CSS yang berukuran lebih dari 1mb atau kurang dari itu maka secara perhitungan website akan terasa sangat lambat apabila browser akan mengirim intruksi untuk memuat halaman website kita mulai dari atas hingga bagian terbawah website itu sendiri.

Apa Pengaruh nya terhadap browser ?
Di saat bersamaan perbedaan antara memuat style CSS dan JAVASCRIPT sangat jauh berbeda.
javascript membutuhkan intruksi saat setelah browser mengirim HTTP respon.
kedua setelah javascript akan dimuat maka akan di ulang atau di jalankan secara berurutan sesuai dengan metode dari function.

Nah apabila kode javascript yang ada pada website atau CSS style memiliki jumlah yang amat banyak, maka di perlukan lah sebuah layanan Content Delivery Network (CDN) untuk mempercepat konten website kita ,jika kita berbicara layanan berarti kita sudah pasti meminjam atau dapat dikatakan menyewa dan tentu nya beberapa website membutuhkan biaya. Namun, kita tidak perlu khawatir akan layanan CDN berbayar karena saat ini sudah banyak website yang menyediakan layanan CDN secara gratis sebagai alternatif bagi anda yang memiliki budget yang pas-pasan.

Kita mungkin butuh sedikit penjelesan mengenai CDN, agar kita mengerti cara kerjanya.

Apa itu CDN ?

Content Delivery Network (CDN) adalah sebuah jaringan Server dan Data Center (Pusat Data) yang didistribusikan secara tertentu.
Yaitu untuk memberikan layanan yang membutuhkan konten yang amat sangat besar saya ambil contoh seperti : Video,Gambar,script yang nanti nya data itu dapat di baca oleh browser sebagai halaman statis atau jika kita menaruh file javascript pada CDN maka di saat kita memuat sebuah website maka link yang sudah terintegrasi dengan CDN yang nanti nya akan dimuat layak nya konten script pada website utama yang memiliki informasi bahwa file yang di baca adalah file script, atau jika kalian memuat gif dengan link CDN terintegrasi maka akan berbentuk gif begitulah seterus nya akan sesuai dengan output pada cache secara permanent.

Lain hal nya dengan github.com yang sudah menonaktifkan system CDN pada file project nya sekitar 5 tahun yang lalu, maka di saat kalian menggunakan link dari github raw maka file tidak akan berfungsi tanpa terkecuali gambar, nah dari sini kita sudah mengetahui bahwa layanan CDN menggunakan intruksi tertentu untuk apa saja yang dapat di muat pada website tersebut.

Dan Berikut 5 Website penyedia layanan CDN gratis :

#1 jsDelivr (https://www.jsdelivr.com/)

jsDelivr adalah layanan CDN paling populer sampai saat ini dengan kecepatan server yang mumpuni menurut saya dan juga dapat menggunakan github project sebagai source CDN.Tau nggak ? jsDelivr sudah di pakai oleh lebih dari satu juta Developer. Dan sampai sekarang saya masih menggunakan jsDelivr untuk project dengan skala besar,namun saya sarankan jangan gunakan project berskala kecil. Hanya untuk file berekstensi CSS dan Javascript setahu saya.

#2 UNPKG (https://unpkg.com/)

Sangat cocok buat kalian yang membutuhkan project dari NPM dan ingin menggunakan project NPM untuk tujuan development. Saya sarankan gunakan UNPKG untuk keperluan building. UNPKG hanya untuk source project pada NPM package.

#3 CDNJS (https://cdnjs.com/)

Hampir sama kinerja nya dengan jsDelivr, CDNJS lebih banyak digunakan pada platform wordpress. Namun cara kerja nya hampir sama dengan CDN lain nya. Dapat menggunakan prefix untuk tag versi pada file Produksi.

#4 Githack (https://raw.githack.com)

Hampir mirip dengan Rawgit, kenapa ini bisa terjadi kemiripan karena pada waktu itu Rawgit memang sangat populer lalu muncul lah Githack yang mulai terinspirasi hampir secara keseluruhan mulai bahkan logo pun sama-sama menggunakan logo sushi.Namun yang membedakan githack dengan Rawgit yaitu sama-sama support github namun githack support juga Bitbucket dan Gitlab.

#5 Staticaly (https://www.staticaly.com/)

Yang baru-baru ini terdengar kabar bahwa Staticaly adalah alternatif Rawgit dimana waktu itu Rawgit memang akan menutup layanan nya ,setelah saya mendengar berita Rawgit akan di tutup maka ini lah solusi nya buat kalian untuk bermigrasi dari Rawgit tanpa ribet. Staticaly juga memberikan kemudahan bagi user untuk migrasi dengan adanya tools untuk migrasi. Ayo cepat pindah sebelum terjadi hal yang diluar ekspektasi.

Dan . . yah mungkin itulah kelima website penyedia CDN yang saya rasa wajib kalian coba untuk keperluan Blogger atau pun pembuatan halaman statis yang butuh kecepatan loading yang lebih cepat.
cukup jelas lah ya gak perlu panjang lebar. Oke di sini saya sudah mereview dan pernah menggunakan layanan CDN dari 5 website penyedia CDN gratis dan kebetulan saya masih menggunakan salah satu nya adalah rawgit namun kini beralih ke staticaly.com karena yaitu tadi resiko untuk penggunaan layanan gratis , tapi kita juga harus menghargai tanpa komplain ke admin karena bagaimanapun juga admin memegang kuasa penuh.

Perlu diketahui bahwa selama kita menggunakan layanan gratis setidaknya kita juga harus patuhi peraturan pada website tersebut.Serta jangan menggunakan nya untuk kepentingan yang diluar dari pokok inti nya, dikutip dari (Ryan Grove).

"Unfortunately, RawGit has also become an attractive distribution mechanism for malware. RawGit was meant to improve people's lives, but jerks are increasingly using it to hurt people." — Ryan Grove (@yaypie)

Getting Info...

Post a Comment

Agiel Triono Comment Policy

Do not include spam link !
Please read our Comment Policy before commenting.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.