Merubah Webcam Menjadi CCTV Video Surveillance

Cara Mudah Merubah Webcam Menjadi CCTV Video Surveillance 2018
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
thumbnail

Disini saya akan berbagi tutorial cara Merubah Webcam Menjadi CCTV Video Surveillance. Dengan dana yang cukup murah tanpa mengeluarkan biaya yang mahal seperti pemasangan CCTV pada umumnya. Dengan begitu sobat gak perlu repot untuk memasang perangkat keamanan karena ini dapat di lakukan sendiri tanpa bantuan teknisi . Perangkat ini sangat berguna sekali untuk sobat yang ingin memiliki perangkat keamanan sederhana. Nah di sini ada beberapa tahapan yang nanti nya sobat bisa terapkan di rumah.

Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu CCTV.

Closed-circuit television (CCTV)

Closed-circuit television (CCTV) yang dikenal sebagai video surveillence atau kamera pengintai yaitu berfungsi untuk menangkap benda bergerak dalam sudut atau ruangan tertentu dengan jarak yang telah di tentukan. Dalam hal ini CCTV dapat menangkap segala aktifitas kehidupan seperti manusia,hewan dll.

Apa kelebihan nya ?

Memperkecil atau menurunkan jumlah kriminalitas di dunia terutama seseorang atau hal yang akan mengganggu rumah sobat. Tentu CCTV dapat di katakan wajib bagi kalangan masyarakat menengah keatas. Bagi orang yang tinggal di kota ini sudah wajib dimiliki bagi setiap warga perkotaan. Terkecuali yang tinggal di pinggiran jauh dari lalu-lalang manusia yang tidak memungkinkan untuk memasang CCTV karena fungsi utama nya adalah memantau aktifitas dari kejauhan.

Apa kekurangan dari CCTV ?

  • Biaya yang mahal.
  • Harus membutuhkan teknisi untuk pemasangan.
  • Balik lagi ke poin 1 dan 2 jika ada kesalahan saat memasang harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk perbaikan.

Mungkin pendapat orang berbeda-beda dengan pendapat saya tentang kekurangan CCTV.

Kelebihan Webcam untuk CCTV

  • Biaya yang murah.
  • Tidak perlu seorang teknisi untuk pemasangan.
  • Balik lagi ke poin 1 dan 2 jika ada kesalahan saat memasang kita gak perlu bayar orang tinggal ganti webcam.

Sudah jelas ya ,sekarang kita butuh beberapa alat untuk membuat CCTV dari webcam.
Spoiler

Hardware

  • Webcam.
  • USB Extender 10m Cek di Lazada.

Software

Disini saya menggunakan ispy silahkan cek di website nya langsung. Karena apa yang pertama ispy adalah Open Source video surveillence software dan dapat di upgrade menjadi versio Professional.

Pemasangan

Setelah bahan sudah di dapat sekarang kita pasang ,ikuti step di bawah.

Step 1
Di sini kita akan mengukur tempat yang akan di pasang CCTV dan tempat dimana kita monitoring.
sebagai contoh :
di rumah saya jarak antara sudut yang akan di pasang CCTV berjarak kurang lebih 4 meter dari tempat saya monitoring.
itu artinya masih tersisa panjang kabel 6 meter.

Nah kenapa saya tidak melebihkan atau memakai seluruh kabel dengan jarak 10 meter, setelah saya teliti lebih lanjut ternyata apabila kita jauhkan kabel usb sangat lambat untuk mentransfer data maksud nya jika dalam praktek nya di komputer akan memperlihatkan tampilan visual dari webcam terasa sangat lambat, mungkin tidak untuk komputer lama , yang saya alami tidak berfungsi.
thumbnail
saran saya letakan tidak jauh dari komputer sobat,minimal jarak 6 atau 7 sudah cukup.

Step 2
Pasang Webcam di tempat yang sulit di jangkau oleh banyak mata. contoh di antara celah genting dan tembok untuk bagian luar ruangan.
atau dibawah atap untuk bagian dalam ruangan usahakan membuat lubang di plafon rumah untuk celah view webcam, jadi orang asing akan terasa sulit untuk mengamati eksistensi dari CCTV.

dan lihat juga panjang dari kabel.

Step 3
setelah webcam terpasang, lalu hubungkan usb extender ke komputer.
Jika terkoneksi dengan baik, maka windows akan secara otomatis menginstal driver webcam tersebut.

Step 4
sekarang kita install ispy yang tadi saya cantumkan di atas pada bagian software. Setelah software berhasil di download silahkan instal program ispy.
lalu masuk ke ispy pilih Add -> Local Camera.
Lihat Gambar :
thumbnail

Lalu akan muncul jendela baru, Pada Video Device dropdown cari nama kamera driver sobat jika sudah terlihat silahkan pilih.
setelah itu pilih oke
thumbnail
Jika belum terlihat pastikan driver sudah terinstal dengan benar jika kedua antara software dengan driver tidak terdeteksi ada nya webcam , coba cek webcam sudah terkoneksi atau belum jika memang webcam tidak merespon saran saya antara ganti atau di perbaiki seperti kasus saya webcam saya mati di karenakan ic dan kapasitor kelebihan muatan arus dari Power Supply. Berhubung jika kedapatan masih baru kembalikan webcam untuk garansi atau contoh seperti punya saya cukup di perbaiki apabila sudah tidak garansi.

Nah itu dia bagaimana cara membuat kamera CCTV sederhana.
Result :
thumbnail

Apabila ada kekurangan atau ada step dari tutrial saya yang kurang jelas silahkan berikan feedback pada komentar.
Oh iya kalian juga dapat menambahkan mode malam dengan lampu infrared seperti Night Vision dengan melepas kaca berbentuk kotak kecil di bagian dalam lensa kamera. Lalu jika ada sedikit dana kalian bisa membeli lampu senter infrared dengan harga yang pas bisa di bilang mahal tidak murah juga tidak ,apabiila kalian tidak ingin lampu menyala terus menerus ,kalian bisa pasang saklar on/off dengan memanjangkan input dari powersupply dari batre dengan begitu kamera kalian berfungsi pada malam dan siang hari layaknya CCTV pada umum nya.

Getting Info...

Post a Comment

Agiel Triono Comment Policy

Do not include spam link !
Please read our Comment Policy before commenting.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.