Mengatasi komputer sering bluescreen

Tips untuk mengatasi komputer yang sering bluescreen.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Solusi komputer bluescreen

Bagi anda yang sedang mengoperasikan komputer dengan operating system windows yang paling populer sampai sekarang atau yang menggunakan komputer dengan operating system yang lain sudah pernah mengalami yang nama nya Bluescreen. Dimana dalam situasi ini membuat kita cemas apa lagi bagi seseorang yang awam tentang perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Hal ini mungkin sama hal nya dengan dengan system komputer lain nya seperti linux dan Mac.


Apa itu Bluescreen

Bluescreen adalah salah satu notifikasi error atau kesalahan oleh system yang terjadi apabila ada gangguan atau malfunction (kegagalan) dari pada Hardware atau dari OS (Operating System) itu sendiri.

Penyebab nya bermacam-macam dan dapat saya bagi menjadi 2 hal dari perangkat keras seperti:CPU,RAM,MOTHERBOARD BATTERY ,DLL dan perangkat lunak (Perusak/virus) yang terinstal pada komputer.

Apa saja penyebab bluescreen?

Nah jika kalian pernah belajar dalam bidang IT kalian juga pasti paham juga komponen komputer, komputer di desain khusus untuk menjalankan operating system dengan spesifikasi dan tujuan tertentu dan tentu nya berbeda pula tingkat kerusakan dan error yang sering terjadi. Adapaun penyebab nya bermacam-macam contoh nya sebagai berikut :
  • Digunakan bermain game secara terus menerus tanpa mengenal waktu.
  • motherboard serta komponen lain nya seperti vga ,ram SSD/hardsisk sengaja anda gunakan untuk Overclocking dengan tanda kutip "Setingan yang kurang tepat" sehingga akan terjadi bluescreen pada saat benchmark "terkadang" atau bahkan "Mati total".
  • motherboard jarang di bersihkan dari debu.
  • motherboard battery yang bermasalah , biasanya jika habis atau sudah mulai jelek biasa nya sering reset CMOS sendiri ini terjadi ketika komputer tidak mau kembali lagi hidup setelah terjadi bluescreen.
  • VGA terlalu panas bisa mengakibatkan delay atau HANG yang terkadang nanti nya sobat ngalamin tuh error "vga not responding", standard vga untuk sempurna nya adalah di bawah 20% atau pada rata-rata.
  • power supply kekurangan daya atau pun sebaliknya kelebihan daya , mungkin dikarenakan anda bingung memilih WAT yang tepat serta penggunaan PSU modular atau non-modular yang akan saya jelaskan nanti di artikel selanjut nya.
  • ram yang sudah bad sector terjadi apabila kalian sering membongkar pasang, mengganti OS/instal ulang OS terlalu sering serta menggunakan HARD DISK dengan Realocation Unit atau biasa di kenal bad sector yang sudah terlalu banyak.

Poin di atas tidak 100% akurat karena setiap komputer memiliki spesifikasi yang berbeda dan limit yang berbeda. Untuk mengetahui nya anda harus tahu betul spesifikasi komputer milik sobat.

Bagaimana cara mengatasi nya ?

Kendala nya memang beragam jika sobat mengalami overheating pada processor tinggal ganti thermal paste serta bersihkan debu supaya ketika komputer dalam keadaan idle (diam) tanpa ada program berjalan akan selalu dalam keadaan dingin (Tergantung pada kecepatan kipas), tidak berlaku untuk kartu grafis (VGA).
jika kekurangan daya atau atau VGA Not Responding kalian bisa tambahkan TdrDelay untuk memberi beban waktu sebelum VGA error.
caranya buka regedit (run as administrator) lalu cari folder seperti di bawah ini :

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\GraphicsDrivers]

lalu pada bagian kosong klik kanan lalu tambahkan DWORD key (32bit) atau QWORD key (64bit) jangan sampe tertukar lalu beri nama TdrDelay.
setelah itu edit key yang baru anda buat tadi dan tambahkan value 8.
setelah itu simpan / ok dan silahkan Restart komputer untuk merasakan perubahan nya.

pada kejadian ram bad sector serta hardisk error memang dapat memicu terjadi nya bluescreen ini dikarenakan sudah sering menginstal program berbentuk Cracked version, untuk hal ini anda harus mengganti dengan yang baru atau apabila memiliki cadangan gunakanlah komponen cadangan.

Apabila kendala nya seperti saya batre pada motherboard habis tinggal ganti saja yang sama persis dengan bawaan nya dari motherboard tersebut, dan perhatikan juga voltase nya rata-rata motherboard membutuhkan 3 volt batre untuk system CMOS , ini digunakan untuk menyimpan data setingan BIOS komputer milik sobat. Jadi artinya apabila si batre ini habis otomatis data akan ke reset.

Maksimal anda wajib cek kondisi batre setelah komputer berjalan selama kurang lebih 5-7 tahun

Mohon maaf apabila ada paragraf yang menurut anda kurang di pahami.

Getting Info...

Post a Comment

Agiel Triono Comment Policy

Do not include spam link !
Please read our Comment Policy before commenting.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.